Saturday, April 4, 2015

Pengertian Cinta dan Manfaatnya Bagi Manusia

Cinta adalah sebuah emosi dari kasih sayang yang kuat dan ketertarikan pribadi. Dalam konteks filosofi, cinta merupakan sifat baik yang mewarisi semua kebaikan, perasaan belas kasih dan kasih sayang. Pendapat lainnya, cinta adalah sebuah aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apa pun yang diinginkan objek tersebut.
Penggunaan perkataan cinta juga dipengaruhi perkembangan masa. Perkataan sentiasa berubah arti menurut tanggapan, pemahaman dan penggunaan di dalam keadaan, kedudukan dan generasi masyarakat yang berbeda. Sifat cinta dalam pengertian abad ke-21 mungkin berbeda daripada abad-abad yang lalu. Ungkapan cinta mungkin digunakan untuk meluapkan perasaan seperti berikut:
  • Perasaan terhadap keluarga
  • Perasaan terhadap teman-teman, atau philia
  • Perasaan yang romantis atau juga disebut asmara
  • Perasaan yang hanya merupakan kemauan, keinginan hawa nafsu, atau cinta eros
  • Perasaan sesama atau juga disebut kasih sayang atau agape
  • Perasaan tentang atau terhadap dirinya sendiri, yang disebut narsisisme
  • Perasaan terhadap sebuah konsep tertentu
  • Perasaan terhadap negaranya atau patriotisme
  • Perasaan terhadap bangsa atau nasionalisme
Cinta itu sendiri sulit dibedakan batasan ataupun pengertiannya, karena cinta merupakan salah satu bentuk emosi dan perasaan yang dimiliki individu. Dan sifatnya pun subyektif sehingga setiap individu akan mempunyai makna yang berbeda tergantung pada penghayatan serta pengalamannya.
Dalam kehidupan ini, cinta adalah yang utama dan cinta lah inti sari dari kehidupan manusia. Seperti contohnya seorang ibu merawat anaknya karena cinta, seorang ayah mencari nafkah untuk keluarga karena cinta, seorang anak berbuat baik dan membanggakan orang tuanya karena cinta nya pada kehidupan yang sedang dijalani nya dan kepada orang tua nya karena ingin membuat bangga nama orang tuanya . Sepasang kekasih melakukan hubungan suami istri karena cinta dan berharap buah cinta nya akan meneruskan perasaan cinta yang mereka miliki satu sama lain . Jadi kehidupan yang kita jalani ini semua berdasarkan karena cinta , dari kehidupan yang berputar ini, akan lahir suatu kebudayaan , lalu akan lahir suatu peradaban, dan manusia , sebagai pelaku, sebagai kreator dari peradaban tersebut dan akan terus menerus memperbaharui peradabannya berdasarkan cinta yang ia miliki.
Cinta membuat manusia ingin melakukan sesuatu yang indah, sesuatu yang damai, sesuatu yang abadi , karena cinta adalah keindahan dimana tidak ada kata kata di dunia ini yang sanggup mewakilkan arti dan maknanya, dan kita tidak ingin kehilangan keindahan tersebut, sehingga dengan cinta yang kita miliki akan menjaga dan melestarikan semua keindahan tersebut .


https://fauziahrachmi.wordpress.com/2014/10/19/pengertian-cinta-dan-manfaatnya-bagi-manusia/

kesimpulan
         Cinta adalah sebuah perasaan yang tak terlihat namun bisa kita rasakan adanya,cinta merupakan sebuah luapan emosi kasih sayang, cinta juga memiliki arti yang sangat besar dalam kehidupan.cinta bukan hanya bisa ditujukan hanya kepada pasangan saja namun bisa juga ditujukan kepada allah swt, orang tua, sahabat,saudara dan yang lainnya.
        Dengan cinta itulah manusia bisa hidup karena cinta telah ada dalam diri dan jiwa manusia,, sejak saat pertama proses seorang anak manusia dibuat.

No comments:

Post a Comment