Monday, March 30, 2015

Hubungan Sastra dan Budaya



                Pengertian Budaya

Ketika berbicara mengenai budaya, kita harus mau membuka pikiran untuk menerima banyak hal baru. Budaya bersifat kompleks, luas, dan abstrak. Budaya tidak terbatas pada seni yang sering kali dilihat dalam gedung kesenian atau tempat bersejarah, seperti museum. Tetapi, budaya merupakan suatu pola hidup menyeluruh. Budaya memunyai banyak aspek yang turut menentukan perilaku komunikatif. Beberapa orang bisa mengalami kesulitan ketika berkomunikasi dengan orang dari budaya lain. Hal ini dikarenakan budaya memunyai keistimewaannya sendiri. Budaya masyarakat satu berbeda dengan budaya masyarakat yang lainnya, sehingga seseorang harus bisa menyesuaikan perbedaan-perbedaannya. Kebudayaan memengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak.

         Pengertian Sastra

          Sastra (Sanskerta: shastra) merupakan kata serapan dari bahasa Sanskerta ‘Sastra’, yang berarti “teks yang mengandung instruksi” atau “pedoman”, dari kata dasar ‘Sas’ yang berarti “instruksi” atau “ajaran” dan ‘Tra’ yang berarti “alat” atau “sarana”. Dalam bahasa Indonesia kata ini biasa digunakan untuk merujuk kepada “kesusastraan” atau sebuah jenis tulisan yang memiliki arti atau keindahan tertentu.

Selain itu dalam arti kesusastraan, sastra bisa dibagi menjadi sastra tertulis atau sastra lisan (sastra oral). Sastra dibagi menjadi 2 yaitu Prosa dan Puisi, Prosa adalah karya sastra yang tidak terikat sedangkan Puisi adalah karya sastra yang terikat dengan kaidah dan aturan tertentu

https://asemmanis.wordpress.com/2009/10/03/pengertian-sastra-secara-umum- dan-menurut-para-ahli/


Kesimpulan

Hubungan Budaya dengan sastra sangat berkaitan erat,apabila dikaitkan budaya dan sastra maka akan menciptakan sebuah perpaduan yang kompleks untuk dinikmati.dalam kehidupan berbangsa dan bernegara bangsa indonesia berdiri atas bermacam macam suku bangsa dengan segala keanekaragaman budayanya. maka marilah kita sebagai bangsa indonesia jagalah budaya bangsa kita dengan melestarikan budaya daerah kita.dan tetaplah menciptakan karya – karya indah agar bisa dinikmati dan bisa menciptakn sebuah perpaduan yang indah antara sastra dan budaya.



Matahari


Matahari.....

Sinarmu membangunkan ku dari tidur..

Kau datang untuk menerangi pagiku..

Menyemangatkan ku untuk berangkat menuntut ilmu..


Kau pun datang untuk menghapus kesunyian..

Menyinari alam raya dengan penuh keiklasan..

cahayamu bagaikan emas terhampar luas disana..


aku sungguh mengagumi matahari..

karena matahari merupakan bukti..

betapa hebatnya tuhan menciptakan matahari..






No comments:

Post a Comment